Saturday, June 10, 2017

Hutan Wisata Tinjomoyo, Wisata Eksotis di Semarang

Hutan Tinjomoyo, Wisata Eksotis
Di semarang terdapat sebuah lokasi yang sangat nyaman untuk di jadikan tempat berekreasi bersama orang orang tercinta yaitu kawasan hutan Tinjomoyo. Hutan Tinjomoyo di Semarang ini adalah gabungan dari bukit, sungai dan juga hutan yang mana hutan tersebut banyak di isi oleh pepohon jati dan juga pinus, memang Kedua tumbuhan tersebut sangat cocok untuk mengisi kawasan hutan seperti wisata hutan Taman Tinjomoyo.

Sejarah Hutan Wisata Tinjomoyo Semarang
Dulunya hutan ini adalah lokasi yang terkenal dengan sebutan kebun binatang, karena memang di lokasi ini banyak sekali berbagai jenis hewan yang hidup di area ini, saking banyaknya hewan yang hidup dengan bebas di kawasan ini maka masyarakat sekitar menyebutnya sebagai kebun binatang. Sekitar tahun 2006 wilayah ini terkena dampak banjir besar yang datang dari kali garang, akibat dari banjir tersebut mengakibatkan putusnya jembatan yang menghubung jalan ke pintu masuk hutan.
Dari kejadian tersebut membuat obyek wisata hutan ini menjadi kurang menarik dan akses yang begitu sulit untuk sampai di area hutan membuat wisata ini semakin tertinggal, dan juga dengan bertambahnya bahaya yang lain, disebabnya kawasan ini menjadi labil akan longsor yang setiap saat bisa mengintai para pengunjung.
Akhirnya pemerintah Pemkot Semarang mencarikan solusi untuk mengatasi masalah yang di rasakan para pengunjung dan keluhan atas sulitnya akses jalan dan juga rusaknya habitat hewan yang ada. Kemudian setelah beberapa waktu, akhirnya Pemkot Semarang memutuskan untuk memindahkan kebun binatang yang ada dilokasi ini ke daerah Mangkang, dan sekarang kawasan ini menjadi hutan yang hijau dengan pepohonan jati dan pinus yang menghiasi kawasan ini.
Selain dihiasi oleh tumbuh-tumbuhan, di kawasan ini juga menjadi tempat yang begitu nyaman bagi 240 jenis spesies burung, dan juga terdapat beberapa macam hewan langka yang berada disini. Hewan langka yang berada di kawasan Taman Tinjomoyo Semarang contohnya Elang Jawa, mereka melakukan migrasi dari Asia Utara menuju ke kawasan ini sekitar bulan Maret-April.

Lalu pada bulan Oktober sampai dengan November, mereka berusaha untuk kembali lagi kedaerah asalnya. Selain burung Elang Jawa, masih banyak terdapat berbagai spesies langka lainnya. Seperti adanya burung Kepodang yang menjadi ikon dari Jawa Tengah, serta juga terdapat Elang Ular Bido.
Kawasan Tinjomoyo Semarang, memiliki luas sekitar kurang lebih 57 hekter, di dalamnya terdapat berbagai macam wahaya yang di manfaatkan oleh masyarakat sekitar sebagai sumber perekonomian.
Aneka Wahana Terdapat Hutan Tinjomoyo Semarang
Aneka Wahana juga terdapat di area hutan ini yang begitu beragam dan banyak jumlahnya. Semua wahana yang terdapat disini dapat pengunjung gunakan untuk memuaskan hasrat yang mengganggu di pikiran selama ini, tentu sangat menyenangkan bermain berbagai wahana bersama keluarga dan juga teman karib dengan pemandangan yang sangat mempesona.
Antara lain birds watcing, flying fox, outing activity, combat game, outbond dan camping ground. Semua wahana tersebut tentunya terlahir berkat ada dukungan dari alam yang mempesona di dalam wilayah Hutan Tinjomoyo ini. Berlokasi di lahan yang datar membuat Hutan Tinjomoyo ini sangat cocok untuk dijadikan tempat wahana yang beragam itu. Selain beberapa wahana tadi, disini para wisatawan juga dapat menyusuri sungai tentu dengan background yang tak kalah menariknya.
Selain terdapat wahana darat dan air, ternyata di hutan ini terdapat juga tempat yang menjadi daya tarik tersendiri bagi para wisatawan yang datang ke sini, terkhusus bagi para pecinta fotografi. Reruntuhan jembatan yang terkena bencana banjir pada tahun 2006 silam adalah menjadi tempat yang banyak di tuju oleh pecinta fotografi, suasananya sangat terlihat begitu alami didukung dengan lingkungan hutan Taman Wisata Tinjomoyo yang masih asri dan sangat indah akan membuat pengunjung semakin terpana dengan pemandangan yang ada.
Pemilihan kawasan hutan ini menjadi tempat wisata untuk menghabiskan liburan anda adalah pilihan yang tepat. Terlebih bagi anda yang mencari wisata alam. Namun tetap ingin bisa menikmati berbagai macam wahana yang menyenangkan bersama orang-orang tersayang.
Tak terlepas dari itu semua, Hutan Tinjomoyo juga menjadi pilihan wisata alam yang punya hobi fotografi, disini juga terdapat obyek-obyek atau wahana wahana yang begitu spesial. Pasti anda akan mendapatkan sesuatu yang lain dari yang lain, dan sama sekali tidak akan anda dapatkan ditempat lain.
Alamat Hutan Wisata Tinjomoyo
Wilayah Taman Wisata Tinjomoyo berada di selatan dari kota Semarang. Yakni berjarak sekitar kurang lebih 7 km dari pusat Tugumuda. Atau lebih tepatnya berada didepan daerah kampus Unika Soegijapranata Semarang.
Lokasi Wisata Hutan Tinjomoyo
Mengunjungi Taman Wisata Tinjomoyo ini, anda bisa melaluinya dengan menempuh perjalanan menggunakan kendaraan umum, maupun kendaraan pribadi. Baik itu dari arah daerah Sampangan, ataupun dari Jatingaleh. Area Taman Wisata Tinjomoyo ini berada di depan kampus Unika Soegijapranata Semarang.
Jam Buka Wisata Hutan Tinjomoyo
Wisata hutan ini dibuka mulai dari jalam 07.00 hingga sampai menjelang magrib sekitar jam 18.00 WIB.
Tiket Masuk Hutan Wisata Tinjomoyo
Tarif yang dipatok oleh pihak pengelola Taman Wisata Tinjomoyo ini, tidaklah mahal. pengunjung hanya perlu membayar biaya masuk kedalam kawasan yang berada dihutan ini sebesar Rp. 3.000 saja. Dengan harga segitu, pengunjung dapat mengelilingi kawasan Taman Wisata Tinjomoyo. Sekaligus menikmati keindahan alam yang terdapat didalamnya bersama orang-orang tersayang.

1 comment: